Selasa, 17 Mei 2011

PENYAKIT DEGENERATIF ANTARA KEMUNDURAN FISIK DAN TAKDIR


Bagian I
                “ Pak dokter kapan sembuhnya penyakit kencing manis dan penyakit jantung saya ini pak dokter “ ...... Pertanyaan ini selalu saja saya temukan dan dengar disetiap saya membuka peraktek. Dan biasanya saya hanya menjawab “ bersabar ya pak “......
                Penyakit Kencing manis dan Penyakit jantung merupakan penyakit degeneratif akibat kemunduran dari fungsi organ yang ada pada tubuh manusia . Kemunduran organ tersebut disebabkan banyak faktor yang mempengaruhi . Baik itu karena kemunduran fisiologis maupun oleh karena penyakit atau pun faktor lainnya. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan tentang ke dua penyakit tersebut:
a.       Kencing manis
Kencing manis atau Diabetes Melitus merupakan penyakit yang sudah menjadi sangat menakutkan bagi sebagian lansia yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Dari hasil Survey yang dilakukan oleh berbagai kalangan didapati sekitar 5 % dari populasi lansia menderita penyakit Kencing manis tersebut dan ini terus bertambah. Penyakit ini dikarenakan oleh berbagai faktor diantaranya :
1.       Usia  lanjut
Usia lanjut ( lansia )menjadi suatu sebab munculnya penyakit kencing manis tersebut.Ini harus kita pahami bahwa bertambahnya usia maka akan terjadi penurunan kemampuan organ tubuh dalam mentoleransi perubahan yang terjadi dalam fisik lansia. Dimana kita mengetahui bahwa organ tubuh kita bekerja selama 24 jam sehari  tanpa henti dan ini merupakan nikmat Allah yang tidak akan bisa kita Pungkiri . Jadi dengan bertambahnya usia maka sistem organ akan menurun kemampuanya dibandingkan dengan ketika masih remaja dan dewasa. Jadi apa yang diharapkan kalau memang kemampuan fisik yang berkurang
2.        Gaya Hidup
Gaya hidup masyarakat kita memang sudah jauh berubah dari tahun ketahun , perubahan gaya hidup yang tidak sehat  menjadi sebab menurunnya kemampuan tubuh dalam menyelaraskan sistem metabolisme yang ada. Perubahan pola makan menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi Mikro yang menjadi sebab ketimpangan dalam  merubah nutrisi menjadi energi. Kita terkadang memakan makanan yang kita sukai dan bukan yang kita butuhkan . Dalam sistim metabolisme dimana Kelenjar Pankreas akan mengeluarkan hormon insulin yang bertugas memasukana glukosa kedalam sel ( mitokondria ) sehingga dapat diubah menjadi energi .Tetapi Pankreas juga membutuhkan Nutrisi penting dan ini biasanya tidak kita berikan. Sehingga dalam menjalankan tuganya Pankeas akan bekerja dalam keadaan kekurangan . Kalau itu terjadi terus menerus , kita tentu mengetahui apa yang akan terjadi
3.       Obat-Obatan
Obat- obatan menjadi salah satu sebab menurunya kondisi  tubuh manusia apabila dikonsumsi tidak sesuai takaran yang dianjurkan , terkadang sudah sesuai takaranpun dapat menimbulkan masalah , ini tergantun cara tubuh mengenali obat tersebut. Obat yang beredar dimasyarakat memang bertujuan agar masyarakat dapat mengobati diri sendiri dengan biaya yang murah. Tetapi tidak semua masyarakat kita jeli dan cerdas dalam memilih obat yang baik. Biasanya dalam memilih obat hanya didasari informasi dari teman atau kerabat. Obat-obat yang beredar hampir semua memiliki efek samping dan tidak ada obat yang benar-benar aman untuk di konsumsi .
4.       Kecelakaan
Kecelakaan  menjadi salah satu sebab rusaknya kelenjar Pancreas ini walau belum ada data yang akurat, tetapi dapat dipahami dengan bertambah cepatnya mobilisasi masyarakat yang  menggunakan kenderaan . Kecelakaan yang terjadi dapat menyebabkan kelenjar Pancreas menjadi trauma, baik trauma tajam ataupun trauma tumpul .
5.       Genetika
Sistim embriologi diyakini menjadi sebab kita menderita kencing manis, semua cini masih bisa diperdebatkan , kalau kita melihat hukum Mendle dimana genetika hanya diturunkan 25% dari orang tua kepada anaknya,dan itu artinya manusia satu dengan manusia yang lain benar-benar berbeda. Yang ada adalah terjadinya kecacatan bawaan yang didapat ketika manusia masih dalam kandungan . Banyak penyebab kecacatan ini terjadi ,mulai dari ibu yang tidak sehat, kekurangan nutrisi ,genetik yang kurang baik, serta banyak sebab lainya.
                Kalau kita memahami itu semua maka akan sangat mudah dalam mengobati masyarakat menderita penyakit tersebut, setidaknya mereka dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik walaupun mereka masih menderita penyakit tersebut. Penerimaan dan Kesabaran merupakan kunci dari pengobatan penyakit Tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar