Kamis, 19 Mei 2011

LANSIA DAN PERMASALAHANNYA

lANSIA ..... ! Merupakan suatu kelompok dimasyarakat yang sekarang sudah mulai banyak kita temukan. Lansia ( Lanjut Usia ) bertambah dikarenakan aspek lain pembangunan kesehatan. Tetapi dengan bertambahnya jumlah lansia menjadi permasalahan tersendiri bagi dunia kesehatan itu sendiri.WHO menetapkan usia 65 merupakan waktu kemunduran dari fisik atau proses penuaan.sementara menurut Depkes Lansia dibagi atas Pra Lansia (45-55 tahun ),Lansia ( 55-60 tahun), Lansia Resti ( >60thun atau Lansia dengan Penyakit Kronis ). Selogan " Lebih baik mencegah dari pada Mengobati " mungkin sudah tidak berlaku lagi bagi masyarakat kelompok ini. Semua itu dikarenakan kelompok ini sudah rentan dengan penyakit atau malah sudah mengidap penyakit tertentu.

Penyakit yang diderita oleh lansia bisa berupa satu Penyakit atau malah beberapa penyakit yang sudah menjadi komplikasi.Diantara Penyakit tersebut diantaranya :

1. Penyakit Sisterm Pembuluh darah

Penyakit ini lebih disebabkan kurangnya elastisitas Pembuluh darah sehingga terjadi pengecilan lumen dari pembuluh darah tersebut. Apabila hal ini terus berlangsung akan menyebabkan beberapa permasalahan seperti Stroke, Burger diases, angio paty,Hypertensi, Neuro paty. Kesemua Penyakit tersebut menimbulkan permasalahan kesehatan yang sangat kompleks. Dalam dunia pengobatan, disayangkan dalam hal terapi lebih pada pengobatan gejala dan bukan pada penyebab penyakit. Sehingga dana yang dikeluarkan para lansia sangat besar. Sementra Penyakit belum tentu sebuh.

2. Penyakit Sistim Organ

Penyakit sistim organ menjadi masalah lain bagi lansia dan selalunya sangat menakutkan bagi sebahagian besar para Lansia. Penyakit ini bisa ngenai Jantung, Hati,Limpa, Pankreas,Intestinum ( Usus ), paru, otak serta muskuloskeletal ( otot dan tulang ). Penyakit sistim organ ini sangat banyak dikeluhkan oleh sebahagian lansia dan penyakit ini penyebab kematian nomor satu di dunia ( terutama penyakit jantung ).

Kalau kita lihat dimasyarakat sangat bayak kita temui permasalahan tersebut jadi apa yang harus kita lakukan ......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar